Kenali Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

kayu manis

Manfaat Kayu Manis (Cinnamomum) Bagi Kesehatan Dan Kecantikan  –  Kayu manis (cinnamomum verum) merupakan sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk kedalam jenis rempah rempah yang sangat beraroma, manis, dan pedas. Masyarakat biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis.

Kayu manis umumnya digunakan sebagai bumbu makanan tertua yang telah digunakan manusia. Bumbu berbahan kayu manis ini dtelah digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan telah disebutkan beberapa kali dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Sebuah penelitian modern menunjukkan bahwa kayu manis ini mungkin memiki beberapa sifat yang sangat bermanfaat (dilansir dari manfaat.co.id). Berikut ini beberapa diantara:

  1. Mengurangi peradangan kronis
  2. Mencegah Parkinson
  3. Mengobati alzheimer
  4. Mengobati tumor otak
  5. Mengobati meningitis
  6. Mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan walaupun dosisnya kecil.
  7. Mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolestrol jahat. Mengurangi kolesterol LDL bisa memperkecil resiko penyakit kardiovaskular.
  8. Memiliki kandungan senyawa anti infeksi alami. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri yang menyebabkan borok atau bisul dan patogen lainnya.
  9. Mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis, hal ini telah ditunjukan dalam studi di Departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam Korea. Kayu manis bisa di pakai untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik.
  10. Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker.
  11. Kayu manis memiliki kandungan zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut penelitian meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.
  12. Kayu manis menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Penelitian sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis ini.
  13. Penelitian tanaman obat India mengungkapkan bahwa kayu manis dapat berpotensi efektif terhadap HIV4. Menurut penulis penelitian, “ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing adalah kayu manis (kulit kayu) dan Cardiospermum helicacabum.
  14. Mencegah penyakit jantung. Dengan berkurangnya LDL, otomatis akan menyehatkan jantung.
  15. Menyehatkan pembuluh darah. Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis dapat mencegah hal tersebut.
READ  Ciri-ciri Orang Stres dan Alternatif Cara untuk Menanggulanginya

Baca juga: ciri ciri orang stress

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Secara tradisional, kayu manis juga dijadikan sebagai suplemen untuk mengobat berbagai macam penyakit, khasiatnya sangat ampuh apabila dicampurkan dengan madu, biasanya pengobatan menggunakan kayu manis ini digunakan untuk penyakit jantung, radang sendi, kulit, dan perut kembung.

Asam Urat

Asam urat dapat menyababkan gejala nyeri tidak tertahankan nyeri yang terjadi pada sendi jari tangan dan jari kaki, dapat diobati dengan cara, ambil kayu menis sebesar ibu jari, 4 lembar sosor bebek, 5 gram biji pala,  5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 15 gram jahe merah, dan 3 gelas air (600 ml).

Kemudian rebus semua bahan bersamaan hingga air tersisa setenganya (300ml). Saring, minum airnya 2 kali sehari masing-masing 150ml setengahnya dari air rebusan tersebut.

You May Also Like

About the Author: Admin